PEMBUATAN PUPUK BOKASI

Bokasi

I. Bahan Pembuatan Pupuk Bokasi :

1) 2 karung pupuk kandang (kotoran ternak, sudah kering)

2) 2 karung merang (kulit padi)

3) 10 kg. dedeg (bekatul)

4) 2 tutup botol EM 4 (Efektive Microorganisme 4)

5) 4 tutup botol tetes molase (tetes tebu / gula cair)

6) 5 liter air



II. Proses Pembuatan :

A. Bahan No. 1, 2, dan 3 dicampur / diaduk-aduk hingga merata

B. Bahan No. 4, 5, dan 6 dicampur / diaduk-aduk dan diratakan

Setelah itu bahan A diberi air bahan B dengan cara dicimpratkan, setelah merata tutup dengan karung, usahakan jangan sampai kena matahari langsung (agar tidak terlalu panas). Diamkan ± 4 hari dan setiap ± 4 jam dicek suhu, usahakan suhu jangan sampai melebihi 100 derajat.

III. Hasil Pupuk

Setelah jadi pupuk siap untuk digunakan sebagai media tanam atau dicampurkan pada tanah agar lebih menyuburkan tanaman. Kalau bisa dibungkus dengan plastik ± 5 kg dan siap untuk dipasarkan maupun digunakan sendiri.

Selamat mencoba

Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

2 komentar:

  1. tolong dong dek,sy diberi formula yang fix meng enai pembuatan bokasi sebanyak 5 ton, karena pertengahan juli ini bapak mau menanam padi seluas 5 ha.Sebab pembuatan 1ton saja banyak formulanya berbeda-2 dari pp kandang 200 sampai 800 kg .Bapak jadi bingung yang fix itu yg mana ? mohon via email bapak pandanus.sed@yahoo.com dari drg.Hendrawan

    BalasHapus
  2. Tolong boss,,,,di jelaskan sekalian mengenai spesifikasi kotoran kandangnya.Antara kotoran ayam,sapi,kambing,atau pun kelinci,apakah komposisinya sama aja.......???

    BalasHapus

 

© 2013 Wanabakti. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top